5/03/2020

91 Juta Data Pengguna Tokopedia Dijual di Darknet $5000

Penjualan data pengguna Tokopedia ini bukan pertama kalinya. Tahun lalu data pengguna Tokopedia pernah dijual oleh hacker yang tidak bertanggung jawab di situs selly.gg, hacker tersebut menjual data berupa nama, alamat, dan nomor telepon. 



Kejadian penjualan data pengguna Tokopedia pun kembali terjadi tahun ini, yang dimana hacker menjual 91 data pengguna yang sangat sensitif yaitu nama, alamat, nomor, password dan yang lainnya, di situs Darknet, seharga $5000 atau seharga 74 Juta rupiah.


Peretas ini sama dengan hacker yang meminta bantuan di forum raidsforum.com untuk mengcrack password 15 juta pengguna tokopedia. Hal ini di post di akun Twitter bernama Under The Breach yang memang akun tersebur seringkali membagikan hal tentang kebocoran data.

Pihak Tokopedia pun menanggapi hal tersebut, dengan mengatakan bahwa memang adanya upaya pencurian data, pihak tokopedia juga mengatakan bahwa password pengguna telah terlindungi dikarenakan sudah di enkripsi.

Namun pihak Tokopedia juga menyarankan untuk mengganti password secara berkala agar tidak terjadi pembajakan akun oleh peretas demi keamanan akun.

Hingga berita ini dirilis pihak tokopedia masih menyelidiki hal tersebut, maka dari itu sebaiknya kalian segera mengganti password kalian dengan password baru untuk menjaga akun kalian tetap terlindungi.

0 komentar

Post a Comment